SubmitYahoo Sistem Operasi, dan sejarahnya ~ Febri Irawanto - ilmu kita

Google Plus

Jumat, 19 Agustus 2011

Sistem Operasi, dan sejarahnya


Sistem Operasi

            Awalnya, komputer bekerja dengan bantuan manusia. Komputer besar pertama pada tahun 50-an sama sekali tidak memiliki sistem operasi (operating system – OS). Mereka dioperasikan oleh manusia yang berperan sebagai operator. Saat itu, operator masih memasukkan kartu-kartu berlubang. Kemudian, teknik ini berubah dengan munculnya General Motors North American Aviation input/Output System (GM-NAA I/O) yang mengambil alih tugas utama dari operator. Teknik ini adalah memulai tugas selanjutnya setelah tugas pertama selesai.

            Sistem operasi terdahulu masih dirancang untuk komputer tertentu saja (custom Built). Pada pertengahan 60-an, sistem pertama yang dapat digunakan pada semua komputer adalah OS/360 dari IBM. Untuk mengembangkan sistemnya saja diperlukan biaya sebesar 50 juta dolar; 225 dolar per program line. OS/360 merupakan sistem pertama yang mensyaratkan sebuah mass storage, seperti hard disk.
            Pada akhir 60-an, muncul prototipe untuk semua sistem operasi yang ada saat ini yaitu Unix. Selain Windows semua sistem operasi yang ada seperti Linux, Mac OS X, atau solaris Lahir dari Unix. Selama fase perkembangan bertahun tahun Unix melakukan banyak perubahan yang sudah kita kenal saat ini, yaitu file sistem yang secara hirarkis terbagi dalam tiga akses hardware melalui device driver, memory virtualization beserta konsep swap file.  Bahkan teknologi preemptive multitasking merupakan inovasi dari unix. Disini kernel bertugas untuk menjamin agar distribusi resource terhadap tugas-tugas komputer menjadi lebih baik.
Unix bahasa C dikembangkan khusus untuk OS ini
Setiap sistim operasi membutuhkan sebuah bahasa komputer. Awalnya, bahasa mesin ini masih khusus dirancang untuk hardware tertentu saja. Dengan Unix, kondisi ini berbeda. Pada awal tahun 70-an, pengembang membuat bahasa baru yang masih sering digunakan saat ini yaitu bahasa C. Praktis, OS ini dapt di porter pada semua hardware. Pengembang hanya perlu memprogram Driver baru untuk OS tersebut. Bagaimana dengan windows ? dari kacamata teknologi, Microsoft memang selalu tertinggal dalam hal pengembangan .Demi kian juga dengan MS-DOS untuk PC yang cukup berhasil pada tahun 80-an. Windows pertama sebenarnya bukanlah sistem operasi, melainkan sebuah interface denga funsi-fungsi tambahan melalui kenel DOS. Saat itu, dekstop lengkap dengan mouse adalah buak dari microsoft, melainkan dari pesaing mereka Apple. Termasuk pula control element populer seperti drag and drop pada double click.
Sistem operasi yang sebenarnya di microsoft adalah windows NT, walaupun dengn evironment yang “kencang” sep[erti prosesor multicore. Walaupun demikian windows ternyata tidak sendirian. Secara umum sistem operasi dalam komputer desktop sudah tertingal 20 tahun bila dibandingkan dengan perkembangan yang dilakukan oleh universitas-universitas diduna. Dengan Amoeba sebuah OS pada tahun 1984. OS ini dapat digunakan oleh beberapa user sekaligus dengan cara membagi-bagi resource hardware. Sistem ini merupakan prototipe dari sebuah sistim operasi web.

Untuk tujuan penelitian, micrososft saat ini sedang mengembangkan sebuah Os baru dengan konsep singularity. Sistem ini nantinya sama sekali terbebas dengan blue screens atau beffer overflows. Pasalnya setiap software berjalan dengan environment sendiri dan terisolasi. Namunrealisasi ide singularity dalam sistem operasi penerus windows masih perlu menunggu waktu. Sebelum sampai kesana kita berharap pada revisi vista yang bakal muncul pada akhir tahun 2009ini, yaitu Windows 7.

Sejarah Sistem Operasi
1.      GM NAA I/O tahun 1956
Sistem operasi pertama ini digunakan pertama sekali oleh General Motors pada komputer besar IBM 704, namun sistem ini tidak lebih hebat Batch Processing
2.      Unix tahun 1969
Sistem Operasi modern pertama ini dikembangkan oleh Ken Thompson dan Dennis ritchie yang saat iti membutuhkan sebauh platform yang cepat untuk game “Space Travel” mereka.
3.      Xerox Alto tahun 1973
Sistem pertama dengan graphical interface yang hanya digunakan untuk penelitian sampai 1981.
4.      MS-DOS tahun 1981
Sistem operasi sederhana yang ditawarkan standar pada PC dan membantu microsoft menuju keberhasilan.
5.      Lisa OS tahun 1983
Apple mengeluarkan destop pertama yang dilengkapi dengan perangkat kontrol mouse untuk sebuah personal computer. Tidak lama kemudian, microsoft meniru konsep tersebut.
6.      Windows 1.0 tahun1985
Dirancang interface untuk DOS, windows 1.0 dikembangkan selama 2 tahun, namun sitem ini tidak berhasil di pasaran.
7.      Epoc16 tahun 1989
Nenek moyang Symbian OS merupakan sitem operasi multi tasking pertama dengan graphical interface untuk perangkat mobile.
8.      Linux tahun 1992
Sistem dengan Kenel Unix ini ditawarkan Oleh Linus Torvalds Sebagai open source. Awalnya nama sitem ini disebut freax.
9.      Windows 95 tahun 1995
Sistem 32bit mocrosoft untuk home user yang cukup berhasil. Dalam empat hari penjualan pertama sistem ini sudah terjual satu juta lisensi.
10.  Windows Xp tahun 2001
Gabungan sitem berbasis NT dan 95 ini sampai sekarang masih menjadi windows yang paling populer.
11.  Max OS X
Apple melakukan perubahan sistem yang besar dan memperkenalkan sebuah OS berbasis Unix, dengan desktop beranimasi.
12.  Singularity tahun 2007
Microsoft research mengembangkan sebuah sistem operasi baru, dengan arsitektur yang pintar, sistem operasi ini tidak lagi mengalami bluescreen dan buffer overflows.
13.  Windows 7 tahun 2010
Sistem modern harus serba bisa. Penerus Vista ini cukup nyaman digunakan pada netbook dan di operasikan melalui touchscreen.





0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Blog Pinger Free