SubmitYahoo MAKALAH AGAMA PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA ~ Febri Irawanto - ilmu kita

Kamis, 08 September 2011

MAKALAH AGAMA PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA


MAKALAH AGAMA
“PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA”


Oleh 

Febri Irawanto


PEMERINTAH KABUPATEN PASURUAN
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 PURWOSARI
Jl. Raya Purwosari Telp. (0343) 613743 Fax. (0343) 624367 Purwosari Pasuruan
E-mail : smkn1pasuruan@igi-alliance.com

Kata Pengantar

            Segala puji bagi Allah yang telah melimpahkan segala rahmat dan karuniaNya kepada kami semua. Syukur Alhamdulillah tak henti-hentinya kami panjatkan kepada Allah, karena dengan pertolonganNyalah kami dapat menyelesaikan tugas makalah “Pendidikan Agama Islam” ini dengan baik.
            Dan pada kesempatan ini kami mengucapkan banyak terima kasih kepada dewan guru yang telah membimbing kami, dan khususnya kami ucapkan banyak terima kasih kepada guru Pendidikan Agama Islam yang telah menuntun dan mendorong kami agar lebih maju dan mempunyai wawasan luas tentang Islam.
            Kami berharap makalah ini bisa bermanfaat bagi pembaca, dan kami menyadari isi dari makalah ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kami menghimbau agar pembaca memberikan kritik dan saran, sehingga kami bisa memberikan hasil makalah yang lebih baik lagi. Untuk terakhir kalinya tak ada yang bisa kami ucapkan selain kata maaf yang sebesar-besarnya.




                                                                                                       Purwosari, 15 Agustus 2010
                                                                                                                     
                                                                                                                 Tim penyusun,


                                                                                               
BAB I
PEMBAHASAN

1.1 Awal Masuknya Islam di Indonesia

           
Ketika Islam datang di Indonesia, berbagai agama dan kepercayaan seperti animisme, dinamisme, Hindu dan Budha, sudah banyak dianut oleh bangsa Indonesia bahkan dibeberapa wilayah kepulauan Indonesia telah berdiri kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu dan Budha. Misalnya kerajaan Kutai di Kalimantan Timur, kerajaan Taruma Negara di Jawa Barat, kerajaan Sriwijaya di Sumatra dan sebagainya. Namun Islam datang ke wilayah-wilayah tersebut dapat diterima dengan baik, karena Islam datang dengan membawa prinsip-prinsip perdamaian, persamaan antara manusia (tidak ada kasta), menghilangkan perbudakan dan yang paling penting juga adalah masuk kedalam Islam sangat mudah hanya dengan membaca dua kalimah syahadat dan tidak ada paksaan.

            Tentang kapan Islam datang masuk ke Indonesia, menurut kesimpulan seminar “ masuknya Islam di Indonesia” pada tanggal 17 s.d 20 Maret 1963 di Medan, Islam masuk ke Indonesia pada abad pertama hijriyah atau pada abad ke tujuh masehi. Menurut sumber lain menyebutkan bahwa Islam sudah mulai ekspedisinya ke Nusantara pada masa Khulafaur Rasyidin (masa pemerintahan Abu Bakar Shiddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib), disebarkan langsung dari Madinah.

1.2
Cara Masuknya Islam di Indonesia

            Islam masuk ke Indonesia, bukan dengan peperangan ataupun penjajahan. Islam berkembang dan tersebar di Indonesia justru dengan cara damai dan persuasif berkat kegigihan para ulama. Karena memang para ulama berpegang teguh pada prinsip Q.S. al-Baqarah ayat 256 

Iw on#tø.Î) Îû ÈûïÏe$!$# ( s% tû¨üt6¨? ßô©9$# z`ÏB ÄcÓxöø9$# 4 `yJsù öàÿõ3tƒ ÏNqäó»©Ü9$$Î/ -ÆÏB÷sãƒur «!$$Î/ Ïs)sù y7|¡ôJtGó$# Íouróãèø9$$Î/ 4s+øOâqø9$# Ÿw tP$|ÁÏÿR$# $olm; 3 ª!$#ur ììÏÿxœ îLìÎ=tæ ÇËÎÏÈ   

2 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Blog Pinger Free