SubmitYahoo Makalah Mekatronika ~ Febri Irawanto - ilmu kita

Google Plus

Selasa, 06 September 2011

Makalah Mekatronika

Makalah Mekatronika



Oleh :
Febri Irawanto
XII MO 2




PEMERINTAH KABUPATEN PASURUAN
DINAS PENDIDIKAN
UPTD SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1
PURWOSARI 2010
 
 

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Alloh Yang Maha Esa karena berkat limpahan rahmat dan karunianya kami dapat menyelesaikan penyusunan proposal usaha ini sesuai ysng telah direncanakan. Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kehadirat nabi besar Muhammad SAW ysng telah memberi suri tauladan dan menuntun kita menuju jalan yang benar.

Dalam penyusunan proposal ini kami juga megucapkan banyak terima kasih kepada :
1.      Bapak Ir. Dadik Hariyadi, selaku kepala sekolah SMK Negeri 1 Purwosari
2.      Ibu Gertha Muktiningrum, selaku guru pembimbing
3.      Teman-teman yang memberikan dorongan dalam penyusunan proposal ini.

Kami menyadari bahwa dalam penyusunan proposal usaha ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu kami mengharap kritik dan saran yang sifatnya membangun dari pembaca agar dalam penyusunan proposal selanjutnya dapat lebih baik dari yang sebelumnya. Semoga proposal usaha ini bermanfaat bagi pembaca.

                                                                                                        

                                                                            Purwosari, 29 Mei 2010 
                                                                                                                         Penyusun
                                                            
DAFTAR ISI

Judul……………………………………………………………………………………...……..1
Kata Pengantar……………………………………….............………………………...…....….2
Daftar Isi…………………………………………………………….…….………..…...........…3
Lembar Pengesahan………………………………………………………………..................…4
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang…………………………………………..…………………………….........5
1.1    Tujuan Usaha……………………………………………………………………….......….5
1.3  Visi dan Misi…………………………………………………………..…… ………...……5
1.4  Data Usaha…………………………………………………………………………………6
1.5  Manfaat Usaha……………………………………………………………………………...6
1.6  Keunggulan/keunikan usaha…………………………………………………...…...………..6
1.7  Struktur organisasi/job description………………………………………………....………...6
1.7.1 Struktur Organisasi……………………………………………………….......………..6
1.7.2 Job Description……………………………………………………………..........……7

BAB II ANALISIS PEMASARAN
2.1 Kebutuhan Produksi……………………….…………………………………..….……......8
     2.1.1 Alat dan bahan…………………………………………………………….………….8
2.2 Proses Kerja …………………………………………….............……………...……..…..8
    2.2.1 Proses produksi………………………………………………………………....……..8
    2.2.2 Persiapan produksi…………………………………………………………………….8
    2.2.3 Proses produksi………………………………………………………………………..9
   2.2.4 Finishing………………………………………………………………………….……..9
2.3 Target Produksi……………………………………………………………………….……9
2.4 Analisa SWOT………………………………………………………………..…….….......9

BAB III ANALISIS PROSES KERJA
3.1 Rencana Pemasaran………………………………………………….……………………....…………11
      3.1.1 DaerahPemasaranYang Dituju……………..……………………………..………….11
      3.2.1 Tiga Prinsip Menjual…………………………………………………………............11
      3.3.1 Pelayanan Prima…………………………………………………….….....................11
3.2 Strategi pemasaran………………………………………………………………......…….12
3.3 Segmentasi pasar…………………………………………………………………..………12
3.4 Target usaha……………………………………………………………………….............13
3.5 Strategi pasar…………………………………………………………………….….…….13
3.6 Sasaran usaha………………………………………………………………………..……14
3.7 Analisis lokasi usaha……………………………………………………………………….14
3.8 Promosi dan periklanan……………………………………………………………...…….14
BAB IV ANALISA BIAYA DAN MODAL
4.1  Kebutuhan Modal Awal ……………………………………………………………….….15
      4.1.1 Alat dan Bahan…………………………………………………………………..….15
4.2  Aliran Kas (Cash Flow)………………………………………………………..………….16
4.3  Perhitungan Laba dan rugi………………………………………………………………………….…….….…...16
4.4  Perhitungan BEP (Break Event Point)……………………………………….…….……….16
BAB VI PENUTUP
5.1 Rangkuman / Kesi…………………………………………………………………………...…..………….18
5.2 Hambatan – Hambatan Usaha……………………………………………………………..18
5.3 Resiko – resiko yang Dihadapi Dalam Usaha………………………………………………18





LEMBAR PENGESAHAN
PEMERINTAH KABUPATEN PASURUAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 PURWOSARI
Jl. Raya Purwosari Telp (0343) 613747 Purwosari 67162


Nama usaha                 : CV. MEKA JAYA
Bidang keahlian          : Mekatronika
Kelas                           : XI
Guru pembimbing       : Ibu Gertha Muktiningrum

Guru Pembimbing

(Gertha Muktiningrum)


Siswa 1                                                                                         Siswa 2

            (                       )                                                                                 (                   )
Siswa 3
(                    )


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Usaha
Seiring dengan perkembangan teknologi dibutuhkan teknologi yang sedikit canggih. Dalam hal ini penyusun akan membuat pintu dengan menggunakan sensor yang dimanfaatkan untuk mempermudah aktivitas di dalam suatu industry.
Penyusun membuat pintu menggunakan sensor dikarenakan kemajuan teknologi yang dibutuhkan oleh konsumen.
Proses produksi dilaksanakan di Jl. Raya Sukorejo pasuruan No. 45 yang dikerjakan bersama okleh anggota yang dibantu oleh 3 orang karyawan. Waktu produksi dilaksanakan apabila ada order.

1.2 Tujuan Pendirian usaha
1.Untuk mengembangkan skill dan bakat yang kami miliki
2.Memanfaatkan peluang usaha yang relative sedikit di dunia usaha
3.Untuk mendapatkan keuntungan
4.Dapat memudahkan hubungan antara produsen dan konsumen.

1.3 Visi dan misi perusahaan
Visi : Menciptakan peluang pasar baru di kalangan masyarakat serta mempermudah aktivitas dalam industry.
Misi: 1. Mengembangkan kemampuan dan bakat yang dimiliki
2. memanfaatkan peluang pasar baru
3. memanfaatkan potensi wilayah untuk mengembangkan usaha sebagai pusat pengembangan produksi.



    1.4 Data perusahaan
Lokasi perusahaan
Berikut data-data perusahaan yang kami kelola:

Nama Perusahaan : CV MEKA JAYA
Alamat Perusahaan : Jl. Raya Sukorejo-Pasuruan No. 45
No TElp: (0343) 615 327
Bidang usaha : Teknologi (Sistem Kontrol)


1.5 Manfaat usaha
a) Menciptakan perkembangan dan kemajuan teknologi
b) Dapat memproduksi dengan sedikitnya pesaing usaha
c) Menciptakan lapangan pekerjaan baru

1.6 Keunggulan/keunikan usaha
a) Praktis dan otomatis
Apabila terjadi kesalahan maka akan menjadi tanggung jawab kami

1.7 Struktur organisasi/job description

1.7.1 Job Description
1.Pimpinan, bertugas sebagai pemimpin perusahaan dalam hal ini dipegang oleh Bayu Rangga Gutama
2.Administrasi bagian ini bertugas sebagai pencatat keluar masuknya uang perusahaan, dalam hal ini dipegang oleh Solipah.
3.Marketing dalam hal ini dipegang oleh Nindia Alista Pratiwi yang bertugas sebagai distributor produk ke tangan konsumen.
4.Produksi, yaitu proses yang kami kerjakan sendiri.

















BAB II
ANALISA PROSES PRODUKSI

2.1 Kebutuhan Produksi
   Kebutuhan produksi yang kami perlukan adalah:
2.1.1 Alat dan Bahan
1.) Kontaktor 2 buah
2.) MCB 1 fasa 1 buah
3.) MCB 3 fasa 1 buah
4.) Overload 2 buah
5.) Limit swiht 4 buah
6.) Lampu indikator 3 buah
7.) Timer 1 buah
8.) Alat tangan 1 set
9.) Avometer 1 buah

2.2 Proses Kerja
2.2.1 Proses produksi yang dilakukan oleh CV MEKA JAYA adalah:
1.      Proses pembelian bahan
2.      Proses penerimaan pesanan
3.      Negosiasi pesanan
4.      pembuatan produk
5.      pemeriksaan/pengecekan produk
6.      finishing
Berikut ini adalah uraian proses kerja CV MEKA JAYA secara rinci:
           2.2.2 Persiapan produksi
marketing memperkenalkan produk ke konsumen dengan cara menunjukkan sampel produksi kami ke konsumen. Setelah konsumen tertarik, konsumen memesan produk dengan bentuk yang diinginkan. Kemudian diadakan negosiasi bentuk pesanan dan harga produk.

2.2.3 Proses produksi
Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan pintu menggunakan sensor antara lain:
1.      siapkan alat dan bahan yang diperlukan
2.      gambarkan rangkaian pengendali dan utama sesuai dengan order yang dipesan.
3.      rangkailah dengan menggunakan bahan yang tersedia
4.      cobalah ke sumber tegangan dan operasikan
5.      setelah selesai dilakukan pengecekan
2.2.4 Finishing
Setelah pengerjaan dan pemasangan produk selesai dilakukan pengecekan kembali dan dilakukan persetujuan antara produse dan konsumen.

2.3 Target Produksi
Dalam perusahaan kami tidak mematok waktu dikarenakan tergantung pemesanan order dan tidak menentu.Dalam 1 bulan rata-rata omset pendapatan bisa mencapai ± 4 masukan order dan dirincikan sebagai berikut:
Omset harga produk @ order : Rp. 3.000.000
Target dalam satu bulan          : 4 order pemasangan
Omset @ bulan Rp. 3.000.000 x 4 = Rp. 12.000.000

2.4 Analisis SWOT
Agar perbandingan posisi usaha yang dijalankan terhadap pesaing dapat diketahui dengan baik maka dapat dilihat melalui analisis SWOT yaitu:
a.       Strenght (Keunggulan)
b.      Keunggulan usaha adalah sedikitnya pengusaha lain yang berwirausaha di bidang yang sama. Sehingga konsumen akan lebih mudah tertarik pada produk kami.
c.       Weakness (Kelemahan)
d.      Kelemahan usaha kami adalah terbatasnya waktu dalam pengerjaan produk
e.       Opportunity (Peluang)
               Kami optimis peluang untuk menarik konsumen akan terbuka lebar
               seiring berjalannya waktu dengan pesaing yang masih sedikit.
f.       Threath (Ancaman)
                       Ancaman yaitu minimnya konsumen


















BAB III
ANALISA PEMASARAN

3.1 Rencana Pemasaran
3.1.1 Daerah Pemasaran Yang Dituju
rencana pemasaran kami adalah mencakup semua daerah khususnya daerah/wilayah industri.
3.2.1 Tiga Prinsip Menjual
harga produk
produk yang kami tawarkan memilii harga yang cukup mahal dikarenakan konsumen kami hanyalah untuk kalangan menengah ke atas.
kualitas produk
produk kami mempunyai nilai yang berkualitas. Karena produk yang dibuat melalui beberapa tahap yang harus dilakukan diantaranya pengecekan hasil produksi dan harga disesuaikan menurut kebutuhan atau pemesanan yang dipesan.
3.3.1 Pelayanan Prima
kami menggunakan konsep pelayanan prima diantaranya adalah:
1.      konsep attitude (sikap)
     pelayanan berdasarkan attitude (sikap) terdiri dari beberapa bentuk antara lain    
     sebagai berikut:
§  pelayanan pelanggan dengan penampilan serasi dengan berbusana yang rapi dengan ekspresi wajah penuh senyum
§  pelayanan dengan berpikir positif
§  tidak memanfaatkan dan mencari kelemahan calon pembeli
§  tidak bersikap acuh terhadap pembeli
§  melayani pembeli secara terhormat
§  pelayanan pelanggan dengan sikap menghargai
§  tutur bahasa yang baik, disertai senyum ramah
§  sikap sopan santun
§  melayani dengan memuaskan
§  mendengarkan saran/kritikan pembeli
§  mendengar dan mencatat setiap pesanan pembeli
§  mengusahakan untuk memenuhi kebutuhan pembeli
2.      Konsep Attention (perhatian)
§  Mendengarkan tutur kata pemeli mengenai kebutuhannya
§  Mencatat dengan cermat yang dibutuhkan pembeli.
§  Berusaha memahami semua kebutuhan pembeli.
§  Berusaha mewujudkan keutuhan pembeli dengan cepat.
§  Menghargai setiap pendapat dan saran yang diajukan pembeli.
§  Menjelaskan kembali setiap pesanan.
3.      Konsep Action (tindakan)
§  Mempercepat pelayanan.
§  Memudahkan dalam pencarian dan pengembalian barang.
§  Menegaskan cara pembayaran (kontan, kredit)
§  Menyatakan terima kasih dengan harapan pelanggan kembali.
§  Barang sudah dicatat, ditegaskan kembali agar tidak terjadi kesalahan dalam pelayanan.

3.2 Strategi pemasaran
Menerapkan A3 (attitude, attention, action)
Menyesuaikan harga produk dengan kualitas barang yang kita buat.

3.3 Segmentasi pasar
Produk yang kami buat dipasarkan berdasarkan :
1.      Promosi
a)      Tingkat pengerjaan, usaha yang bergerak dibidang teknologi (Teknikkontrol)
b)      Tingkat pendapatan, sesuai dengan tingkat kesulitan produk yang dibuat.
c)      Tingkat pengeluaran, mengusahakan untuk pengeluaran yang seminimal mungkin agar tingkat pendapatan lebih besar.
         


            3.4 Target usaha
Produk yang dihasilkan oleh usaha kami ditargetkan dapat menjadi suatu usaha yang dapat beraing dibidang teknologi. Selain itu target usaha kami antara lain :
a)      Memperoleh keuntungan
b)      Mencapai sasaran pasar yang tepat
c)      Melayani dan memenuhi kebutuhan konsumen

3.5 Strategi pasar
Strategi yang kami gunakan adalah strategi Market Driveb, yaitu :
1.      Berotientasi pada konsumen
      Yaitu mengutamkan dan berusaha memberikan kepuasan pada pelanggan, maka selalu memperhatikan kebutuhan konsumen atau pelanggan dan berusaha dapat memenuhinya.
2.      Kualitas
     Yaitu kami selalu memperhatikan kualitas dari p[roduk yang kami jual.
3.      Kenyamanan
     Yaitu kami telah menentukan lokasi yang mudah dijangkau danmemberi pelayanan yang terbaik untuk konsumen.
4.      Inovasi
     Yaitu kami selalu mengadakan inovasi dengan cara atau teknik baru, design – design baru serta pendekatan baru dalam memperkenalkan produk.
5.      Kecepatan
      Tergantung pada pemesanan yang tingkat kesulitannya berbeda.
6.      Pelayanan dankepuasan pelanggan
      Kami slealu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Dan kami menerapkan sistem A3 (attitude, attention, action)





3.6 Sasaran usaha
Pemasaran usah akami mencakup daerah industri dan juga berbagai swalayan, hotel, dan sebagainya.

3.7 Analisis lokasi usaha
Lokasi usaha teknologi (Teknik Kontrol) akan didirikan di jalan raya Sukorejo – Pasuruan No. 45.Kami memilih lokasi tersebut karena letaknya yang strategis, yang mudah dijangkau oleh konsumen.

3.8 Promosi dan periklanan
Promosi dan periklanan yang dilakukan sebagai proses pengenalan produk pada pasar dilakukan melalui berbagai cara, antara lain :
1.      Memasang plakat di depan tempat usaha.
2.      Brosur online.


BAB IV
ANALISA PEMBIAYAAN

4.1 Kebutuhan Modal Awal
4.1.1 Alat dan Bahan
-          Kontraktor 3 fasa          Rp. 300.000,00 x 2                 =   Rp. 600.000,00
-          MCB 1 fasa                  Rp. 75.000,00                        
-          MCB 3 fasa                  Rp. 250.000,00
-          Overload                       Rp. 75.000,00 x 2                   =   Rp. 150.000,00
-          Limit Swith                   Rp. 50.000,00 x 4                   =   Rp. 200.000,00
-          Lampu indicator           Rp. 25.000,00 x 3                   =   Rp. 75.000,00
-          Timer                             Rp. 250.000,00                      
-          Motor 3 fasa                 Rp. 1.000.000,00
-          Kabel                            Rp. 150.000,00
                                      Rp. 2.750.000,00
1.      Biaya Overhead
-          Listrik                           Rp. 500.000,00
-          Air                                 Rp. 40.000,00
-          Telepon                         Rp. 100.000,00
-          Transportasi                  Rp. 350.000,00
                                      Rp. 990.000,00

TOTAL
1.      Alat dan bahan                    Rp. 2.750.000,00
2.      Biaya overhead                    Rp. 990.000,00
                                             Rp. 3.740.000,00





4.2 Aliran Cash Flow
Pemasukan
§  Persediaan barang    Rp. 2.750.000,00
§  Kas                           Rp. 1.250.000,00
§  Hasil penjualan         Rp. 12.000.000,00
TOTAL                    Rp. 16.000.000,00

Pengeluaran
§  Gaji                          Rp. 4.000.000,00
§  Listrk                        Rp. 500.000,00
§  Air                            Rp. 40.000,00
§  Biaya distribusi        Rp. 350.000,00
TOTAL                    Rp. 4.890.000,00

4.3 Perhitungan Laba Rugi
Biaya pemasukan                      Rp. 16.000.000,00
Biaya pengeluaran                    Rp. 4.890.000,00
Laba = Biaya pemasukan – Biaya pengeluaran
          = Rp. 16.000.000,00 – Rp. 4.890.000,00
          = Rp. 11.110.000,00

4.4 Perhitungan BEP (Break Event Point)
Analisis peluang pokok (BEP) merupakan analisis untuk mengetahui apakah jumlah produk yang dibuat perusahaan sudah mendatangkan keunungan tauajustru mendapatkan kerugian. BEP adalah keadaan produksi / penjualan perusahaan dimana jumlah pendapatan sama besarnya dengan jumlah pengeluaran.





Perhitungan Break Event Point (BEP)
FC       = Alat dan Bahan                     Rp. 2.750.000,00
               Over Head                             Rp. 990.000,00
                                                              Rp. 3.740.000,00
P          = Rp. 3.000.000,00
Vc       = Rp. 2.000.000,00




BAB V
PENUTUP


5.1 Rangkuman / Kesimpulan
Setelah selesai dalam pembuatan proposal kewirausahaan maka akan disimpulkan :
a)      Dalam proses pembuatan proposal kewirausahaan di perlukan adanya ketelitian, ketekunan dankesabaran dalam mencari sumber.
b)      Proposal kewirausahaan ini sangat bermanfaat bagi calon usahawan nantinya karena akan dapat meningkatkan keahlian siswa dalam keahlian bidang kewirausahaan dan berlatih untuk menjadi pengusaha yang profesional.
c)      Pengusaha struktur manajemen sangat diperuntukkan oleh seorang usahawan.

5.2 Hambatan – Hambatan Usaha
1.      Terbatas fasilitas
2.      Kurangnya modal

5.3 Resiko – resiko yang Dihadapi Dalam Usaha
1. Harga bahan yang semakin mahal
2. Mengalami kebangkrutan


 The Best Febri Irawanto

1 komentar:

nice posting n thank referensix

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Blog Pinger Free