SubmitYahoo Pelukis Terhebat Sepanjang Sejarah ~ Febri Irawanto - ilmu kita

Google Plus

Sabtu, 21 Januari 2012

Pelukis Terhebat Sepanjang Sejarah

 Pelukis Terhebat Sepanjang Sejarah


Michelangelo Buonarroti Simoni Lodovico di (6 Maret 1475 - 18 Februari 1564), umum dikenal sebagai Michelangelo (pengucapan Italia: [mikelandʒelo]), adalah seorang pematung Renaissance Italia, pelukis, arsitek, penyair, dan insinyur yang diberikan pengaruh yang tak tertandingi pada perkembangan seni Barat. Meskipun membuat beberapa forays luar seni, fleksibilitas dalam disiplin ia mengambil adalah seperti urutan yang tinggi bahwa ia sering dianggap sebagai penantang untuk gelar pria Renaissance pola dasar, bersama dengan sesama Italia Leonardo da Vinci.
Michelangelo dianggap sebagai seniman yang hidup terbesar dalam hidupnya, dan sejak itu ia telah dianggap salah satu seniman terbesar sepanjang masa  Sejumlah karya-karyanya dalam lukisan, patung, dan arsitektur peringkat di antara yang paling terkenal. ada  keluaran-Nya di segala bidang selama hidupnya yang panjang itu luar biasa;. ketika volume tipis korespondensi, sketsa, dan kenangan yang bertahan juga diperhitungkan, ia adalah artis terbaik-didokumentasikan abad ke-16. Dua yang paling terkenal nya bekerja, Pieta dan David, yang diukir sebelum ia menginjak tiga puluh. Meskipun pendapat yang rendah lukisan, Michelangelo juga menciptakan dua karya yang paling berpengaruh dalam fresco dalam sejarah seni Barat: adegan dari Kejadian di langit-langit dan Penghakiman Terakhir di dinding altar Kapel Sistina di Roma. Sebagai seorang arsitek, Michelangelo merintis gaya Mannerist di Perpustakaan Laurentia. Pada 74 ia berhasil Antonio da Sangallo yang Muda sebagai arsitek Basilika Santo Petrus. Michelangelo mengubah rencana, ujung barat sudah selesai untuk desain Michelangelo, kubah yang selesai setelah kematiannya dengan beberapa modifikasi.
Dalam sebuah demonstrasi berdiri unik Michelangelo, dia adalah artis Barat pertama yang biografi diterbitkan saat dia masih hidup  Dua biografi diterbitkan dari dirinya selama hidupnya;. Salah satunya, oleh Giorgio Vasari, mengusulkan bahwa ia adalah puncak dari semua pencapaian artistik sejak awal Renaissance, sudut pandang yang terus memiliki mata uang dalam sejarah seni selama berabad-abad. Dalam masa hidupnya ia juga sering disebut Il Divino ("satu ilahi").  Salah satu kualitas yang paling dikagumi oleh orang sezamannya adalah terribilità nya, rasa menakjubkan keagungan, dan itu adalah upaya seniman berikutnya untuk meniru gaya Michelangelo bersemangat dan sangat pribadi yang mengakibatkan Mannerisme, gerakan besar berikutnya dalam seni Barat setelah High Renaissance.


Kehidupan awal
Michelangelo lahir pada 6 Maret 1475 [a] di Caprese dekat Arezzo, Tuscany  (Hari ini, Caprese dikenal sebagai Caprese Michelangelo).. Untuk beberapa generasi, keluarganya telah skala kecil bankir di Florence, tetapi ayahnya, Ludovico di Leonardo di Buonarotto Simoni, gagal mempertahankan status keuangan bank, dan memegang posisi pemerintahan sesekali . Pada saat kelahiran Michelangelo, ayahnya administrator Yudisial kota kecil Caprese administrator dan lokal Chiusi. Ibu Michelangelo adalah Francesca di Neri del Miniato di Siena  Buonarrotis diklaim turun dari Mathilde Countess Canossa;.. Klaim ini masih belum terbukti, tapi Michelangelo sendiri percaya itu Beberapa bulan setelah kelahiran Michelangelo, keluarga kembali ke Florence, di mana Michelangelo dibesarkan. Pada waktu kemudian, selama sakit yang berkepanjangan dan setelah kematian ibunya di 1481 ketika dia hanya enam tahun, Michelangelo tinggal dengan seorang tukang batu dan istrinya dan keluarganya di kota Settignano, dimana ayahnya memiliki sebuah tambang marmer dan pertanian kecil. Giorgio Vasari mengutip Michelangelo mengatakan, "Jika ada beberapa yang baik dalam diri saya, itu karena saya lahir dalam suasana halus negara Arezzo. Seiring dengan susu dari perawat saya, saya menerima bakat penanganan pahat dan palu, yang saya membuat tokoh saya ".
Ayah Michelangelo mengirim dia untuk belajar tata bahasa dengan Humanis Francesco da Urbino di Florence sebagai seorang anak muda .  Para seniman muda, bagaimanapun, tidak menunjukkan ketertarikan di sekolah nya, memilih untuk menyalin lukisan dari gereja-gereja dan mencari perusahaan dari pelukis . Pada tiga belas, Michelangelo magang ke pelukis Domenico Ghirlandaio.  Ketika Michelangelo hanya empat belas tahun, ayahnya membujuk Ghirlandaio untuk membayar muridnya sebagai seniman, yang sangat tidak biasa di waktu . Ketika pada tahun 1489 Lorenzo de 'Medici, penguasa de facto dari Florence, meminta Ghirlandaio untuk dua murid terbaik, Ghirlandaio dikirim Michelangelo dan Francesco Granacci.  Dari 1490-1492, Michelangelo menghadiri akademi Humanis yang Medici telah didirikan di sepanjang garis Neo Platonis. Michelangelo belajar patung di bawah Bertoldo di Giovanni. Di akademi, baik pandangan Michelangelo dan seni tunduk pada pengaruh dari banyak filsuf yang paling menonjol dan penulis dari hari termasuk Marsilio Ficino, Pico della Mirandola dan Poliziano 

Pada saat ini., Michelangelo terpahat relief Madonna Langkah (1490-1492) dan Pertempuran centaurus (1491-1492). Yang terakhir ini didasarkan pada tema yang disarankan oleh Poliziano dan ditugaskan oleh Lorenzo de Medici. Sementara keduanya magang ke Bertoldo di Giovanni, Pietro Torrigiano melanda 17 tahun pada hidung, dan dengan demikian menyebabkan bahwa pengrusakan yang begitu mencolok di semua potret Michelangelo.Awal masa dewasa
Kematian Lorenzo de 'Medici pada 8 April 1492 membawa pembalikan keadaan Michelangelo . Michelangelo meninggalkan keamanan pengadilan Medici dan kembali ke rumah ayahnya. Dalam bulan-bulan berikutnya ia mengukir salib kayu (1493), sebagai hadiah kepada sebelum gereja Florence Santo Spirito, yang mengizinkannya beberapa studi anatomi pada mayat rumah sakit gereja 1493. Antara dan 1494 ia membeli sebuah blok marmer untuk sebuah patung yang lebih besar daripada kehidupan Hercules, yang dikirim ke Prancis dan kemudian menghilang kadang sekitar abad ke-18 . [c] Pada tanggal 20 Januari 1494, setelah hujan salju berat, pewaris Lorenzo, Piero de Medici ditugaskan patung salju, dan Michelangelo lagi memasuki istana Medici.
Pada tahun yang sama, keluarga Medici diusir dari Florence sebagai akibat dari munculnya Savonarola. Michelangelo meninggalkan kota sebelum akhir pergolakan politik, pindah ke Venesia dan kemudian ke Bologna.  Dalam Bologna, dia ditugaskan untuk menyelesaikan ukiran angka kecil terakhir dari Kuil St Dominikus, di gereja yang didedikasikan untuk suci itu. Menjelang akhir 1494, situasi politik di Florence lebih tenang. Kota, yang sebelumnya di bawah ancaman dari Prancis, tidak lagi dalam bahaya sebagai Charles VIII telah menderita kekalahan. Michelangelo kembali ke Florence, tetapi tidak menerima komisi dari pemerintah kota baru di bawah Savonarola. Dia kembali ke pekerjaan dari Mediciv Selama setengah tahun ia menghabiskan di Florence. Dia bekerja pada dua patung kecil, seorang anak St Yohanes Pembaptis dan Cupid tidur. Menurut Condivi, Lorenzo di Pierfrancesco de 'Medici, untuk siapa Michelangelo patung St Yohanes Pembaptis, meminta Michelangelo "memperbaikinya sehingga tampak seolah-olah telah terkubur" sehingga ia bisa "mengirimkannya ke Roma ... lulus [ini sebagai] sebuah karya kuno dan ... menjualnya jauh lebih baik. " Baik Lorenzo dan Michelangelo yang sengaja ditipu keluar dari nilai sebenarnya dari sepotong demi perantara. Kardinal Raffaele Riario, kepada siapa Lorenzo telah menjualnya, menemukan bahwa itu adalah penipuan, tapi begitu terkesan oleh kualitas patung yang dia mengundang artis ke Roma. 
Hal ini keberhasilan nyata dalam menjual patung luar negeri serta situasi Florentine konservatif mungkin telah mendorong Michelangelo untuk menerima undangan prelatus itu.

Roma

Michelangelo tiba di Roma 25 Juni 1496 pada usia 21. Pada tanggal 4 Juli tahun yang sama, ia mulai bekerja pada komisi untuk Kardinal Raffaele Riario, sebuah patung selama-hidup-ukuran anggur dewa Romawi, Bacchus. Namun, setelah selesai, pekerjaan itu ditolak oleh Kardinal, dan kemudian memasuki koleksi bankir Jacopo Galli, untuk taman nya.

Pada bulan November 1497, duta besar Prancis di Tahta Suci menugaskan salah satu karyanya yang paling terkenal, Pieta dan kontrak disepakati pada bulan Agustus tahun berikutnya. Pendapat kontemporer tentang pekerjaan ini - "sebuah wahyu dari semua potensi dan kekuatan seni patung" - dirangkum oleh Vasari: "Hal ini tentu sebuah keajaiban bahwa blok berbentuk batu yang bisa dikurangi untuk kesempurnaan yang bersifat hampir tidak mampu menciptakan dalam daging. "

Di Roma, Michelangelo tinggal di dekat gereja Santa Maria di Loreto. Di sini, menurut legenda, ia jatuh cinta dengan Vittoria Colonna, Marchioness Pescara dan penyair [kutipan diperlukan] Rumahnya dihancurkan pada tahun 1874, dan unsur-unsur arsitektur yang tersisa diselamatkan oleh pemilik baru hancur pada tahun 1930.. Hari ini rekonstruksi rumah modern Michelangelo dapat dilihat di bukit Janiculum. Hal ini juga selama periode ini yang skeptis menyatakan Michelangelo dieksekusi Laocoön patung dan Sons-Nya yang berada di Vatikan



Patung David
  David (Michelangelo)














Michelangelo kembali ke Florence pada 1499-1501. Hal berubah di republik setelah jatuhnya anti-Renaissance Imam dan pemimpin dari Florence, Girolamo Savonarola (dieksekusi tahun 1498) dan munculnya gonfaloniere Soderini Piero. Dia diminta oleh konsul dari Guild of Wol untuk menyelesaikan proyek yang belum selesai dimulai 40 tahun sebelumnya oleh Agostino di Duccio: patung kolosal yang menggambarkan Daud sebagai simbol kebebasan Florentine, untuk ditempatkan di Piazza della Signorina, di depan Palazzo Vecchio. Michelangelo menanggapi dengan menyelesaikan karyanya yang paling terkenal, Patung David pada 1504. Ini karya besar, diciptakan dari blok marmer dari tambang di Carrara yang sudah dikerjakan oleh tangan sebelumnya, definitif didirikan menonjol sebagai pematung keterampilan teknis yang luar biasa dan kekuatan imajinasi simbolik.

Juga selama periode ini, Michelangelo melukis Keluarga Kudus dan St Yohanes, juga dikenal sebagai Tondo Doni atau Keluarga Kudus dari Tribune: itu ditugaskan untuk pernikahan Angelo Doni dan Maddalena Strozzi dan pada abad 17 tergantung di ruang dikenal sebagai Tribune di Uffizi. Dia mungkin juga telah dicat Madonna dan Anak dengan Yohanes Pembaptis, yang dikenal sebagai Madonna Manchester dan sekarang di Galeri Nasional, London, Inggris.


Langit-langit Kapel Sistina 

 


Pada 1505 Michelangelo diundang kembali ke Roma oleh Paus Julius II yang baru terpilih. Dia ditugaskan untuk membangun makam Paus. Bawah naungan Paus, Michelangelo harus terus-menerus berhenti bekerja pada makam untuk menyelesaikan tugas-tugas lain banyak. Karena gangguan ini, Michelangelo bekerja pada makam selama 40 tahun. Makam, yang fitur utamanya adalah patung Michelangelo Musa, tidak pernah selesai untuk kepuasan Michelangelo. Hal ini terletak di Gereja S. Pietro di Vincoli di Roma.
Selama periode yang sama, Michelangelo mengambil komisi untuk melukis langit-langit Kapel Sistina, yang memakan waktu sekitar empat tahun untuk menyelesaikan (1508-1512). Menurut laporan Michelangelo, Bramante dan Raphael meyakinkan Paus untuk komisi Michelangelo dalam media tidak akrab dengan artis. Hal ini dilakukan agar dia, Michelangelo, akan menderita perbandingan yang tidak menguntungkan dengan nya Raphael saingan, yang pada waktu itu di puncak kesenian sendiri sebagai pelukis lukisan Primo. Namun, cerita ini didiskon oleh sejarawan modern atas dasar bukti-bukti kontemporer, dan hanya mungkin merupakan refleksi dari sudut pandang artis.
Michelangelo pada awalnya ditugaskan untuk cat 12 Rasul terhadap langit berbintang, tetapi melobi untuk skema yang berbeda dan lebih kompleks, yang mewakili penciptaan, Kehancuran Manusia dan Janji Keselamatan melalui para nabi dan Silsilah Kristus. Pekerjaan yang merupakan bagian dari skema yang lebih besar dari dekorasi dalam kapel yang mewakili banyak doktrin Gereja Katolik.
Komposisi akhirnya berisi lebih dari 300 angka dan telah di sembilan episode pusatnya dari Kitab Kejadian, dibagi menjadi tiga kelompok: Penciptaan Allah Bumi; Penciptaan Tuhan Manusia dan kejatuhan mereka dari kasih karunia Allah, dan terakhir, negara Kemanusiaan sebagai diwakili oleh Nuh dan keluarganya. Di langit-langit pendentives pendukung yang dicat dua belas pria dan wanita yang menubuatkan kedatangan Yesus. Mereka adalah tujuh nabi-nabi Israel dan lima Sibyls, perempuan kenabian dunia Klasik.
Di antara lukisan paling terkenal di langit-langit adalah Penciptaan Adam, Adam dan Hawa di Taman Eden, Banjir Besar, Nabi Yesaya dan Sybil Cumaean. Sekitar jendela dicat nenek moyang Kristus.



Dalam paus Medici di Florence 

 

Pada 1513 Paus Julius II meninggal dan penggantinya Paus Leo X, dari keluarga Medici, menugaskan Michelangelo untuk merekonstruksi façade Basilika San Lorenzo di Florence dan menghiasi dengan patung. Michelangelo setuju enggan. Tiga tahun Michelangelo menghabiskan dalam menciptakan gambar dan model untuk façade, serta mencoba untuk membuka tambang marmer baru di Pietrasanta khusus untuk proyek tersebut, adalah di antara yang paling membuat frustrasi dalam karirnya, karena pekerjaan tiba-tiba dibatalkan oleh pelanggan secara finansial kekurangan sebelum kemajuan nyata telah dibuat. Basilika tidak memiliki façade sampai hari ini.
Rupanya tidak sedikit malu dengan Pembalikan ini, Medici kemudian datang kembali ke Michelangelo dengan proposal lain besar, kali ini untuk sebuah kapel pemakaman keluarga di Basilika San Lorenzo. Untungnya untuk anak cucu, proyek ini, menempati artis untuk banyak, tahun 1520-an dan 1530-an lebih sepenuhnya terwujud
Pada 1527, warga Florentine, didorong oleh karung Roma, membuang keluarga Medici dan dipulihkan republik. Sebuah pengepungan kota terjadi, dan Michelangelo pergi ke bantuan nya Florence dicintai dengan bekerja pada fortifications kota 1528-1529. Kota ini jatuh pada tahun 1530 dan Medici dikembalikan ke kekuasaan. Benar-benar keluar dari simpati dengan represif pemerintahan Medici berkenaan dgn duke, Michelangelo meninggalkan Florence untuk yang baik di pertengahan 1530, meninggalkan asisten untuk menyelesaikan kapel Medici.


Terakhir bekerja di Roma 




Lukisan yang dari Penghakiman Terakhir di dinding altar Kapel Sistina ditugaskan oleh Paus Clement VII, yang meninggal tak lama setelah menugaskan komisi. Paulus III berperan dalam melihat bahwa Michelangelo mulai dan menyelesaikan proyek. Michelangelo bekerja pada proyek dari 1534 sampai Oktober 1541. Pekerjaan besar dan meliputi seluruh dinding di belakang altar Kapel Sistina. Penghakiman terakhir adalah gambaran dari kedatangan Kristus yang kedua dan wahyu; mana jiwa-jiwa kenaikan kemanusiaan dan ditugaskan untuk berbagai nasib mereka, sebagaimana dinilai oleh Kristus, dikelilingi oleh para Orang Suci. Dalam pekerjaan itu, posisi sosok Kristus muncul untuk membayar upeti dengan yang Melozzo milik Kristus dalam Kenaikan Tuhan kita, sekali di Apostoli Santi, sekarang di Istana Quirinal.
Setelah selesai, penggambaran Kristus dan Perawan Maria telanjang dianggap asusila, dan Kardinal Carafa dan Monsinyur Sernini (duta Mantua itu) berkampanye untuk memiliki lukisan itu dihapus atau disensor, tetapi Paus menolak. Setelah kematian Michelangelo, diputuskan untuk mengaburkan alat kelamin ("Pictura di coopriantur Ap.ca Cappella"). Jadi Daniele da Volterra, magang dari Michelangelo, ditugaskan untuk menutupi dengan perizomas (celana) alat kelamin, meninggalkan berubah kompleks tubuh. Ketika pekerjaan itu dikembalikan pada tahun 1993, konservator memilih untuk tidak menghapus semua perizomas dari Daniele, meninggalkan beberapa dari mereka sebagai dokumen sejarah, dan karena beberapa pekerjaan Michelangelo sebelumnya dikerok oleh aplikasi artis touch-up tentang "kesopanan" untuk karya tersebut. Salinan uncensored setia aslinya, oleh Marcello Venusti, dapat dilihat di Museum Capodimonte Naples
Sensor selalu diikuti Michelangelo, pernah digambarkan sebagai "penemu delle porcherie" ("penemu kata-kata kotor", dalam bahasa Italia asli mengacu pada "hal-hal daging babi"). Yang terkenal "daun ara kampanye" dari Kontra-Reformasi, bertujuan untuk mencakup semua representasi dari alat kelamin manusia dalam lukisan dan patung, mulai dengan karya-karya Michelangelo. Untuk memberikan dua contoh, patung marmer della Minerva Cristo (gereja Santa Maria sopra Minerva, Roma) ditutupi oleh gorden menambahkan, karena masih hari ini, dan patung anak Yesus telanjang di Madonna Bruges (Gereja kami Lady di Bruges, Belgia) tetap tertutup selama beberapa dekade. Juga, salinan plester dari David di Pengadilan Cast (Victoria dan Albert Museum) di London, memiliki daun ara dalam kotak di bagian belakang patung. Itu ada akan ditempatkan di atas alat kelamin patung sehingga mereka tidak akan kecewa mengunjungi royalti perempuan.
Pada 1546, Michelangelo diangkat arsitek Basilika Santo Petrus di Vatikan, dan dirancang kubah. Seperti Santo Petrus sedang berlangsung ada kekhawatiran bahwa Michelangelo akan berlalu sebelum kubah selesai. Namun, setelah pembangunan dimulai pada bagian bawah kubah, cincin mendukung, penyelesaian desain tak terelakkan. Michelangelo wafat di Roma pada usia 88 (tiga minggu sebelum ulang tahunnya yang ke-89 nya). Tubuhnya dibawa kembali dari Roma untuk penguburan di Basilika Santa Croce, memenuhi permintaan terakhir sang maestro untuk dikuburkan di Tuscany nya tercinta. Sketsa terakhir ditemukan
Pada tanggal 7 Desember 2007, kapur merah Michelangelo sketsa untuk kubah Basilika St Peter, terakhir sebelum kematiannya pada 1564, ditemukan dalam arsip Vatikan. Hal ini sangat jarang terjadi, karena ia menghancurkan desain nya di kemudian hari. Sketsa rencana parsial untuk salah satu kolom radial dari drum kubah Santo Petrus.


Lihat Michelangelo Lebih Lengkap Disini

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Blog Pinger Free