SubmitYahoo SURAT PERMOHONAN KERJASAMA SMK ~ Febri Irawanto - ilmu kita

Google Plus

Minggu, 08 Januari 2012

SURAT PERMOHONAN KERJASAMA SMK


 
MITRA PT.K-LINK INDONESIA
GRUP CM. BUDI RAHARDJO
Phone :  0281 – 894518 ; HP. 081548802261
E-mail :  boedy.bralink@gmail.com


Kepada Yang Terhormat :

KEPALA SMK
PURWOKERTO
di  PURWOKERTO



Dengan hormat,

Mendasari kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan yang salah satunya adalah kebijakan perbandingan SMK : SMA dengan rasio 70 : 30 diharapkan dapat mengurangi pengangguran karena SMK mempersiapkan lulusan yang siap bekerja, bahkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Kebijakan tersebut harus diikuti dengan langkah-langkah kongkrit berupa penciptaan lapangan kerja baru di berbagai sektor agar penambahan jumlah SMK tidak menimbulkan masalah baru berupa penumpukan jumlah pengangguran dikarenakan terjadi kesenjangan yang semakin besar antara jumlah tenaga kerja dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia. Tanpa bermaksud apriori, diduga penambahan  SMK melalui konversi SMA ke SMK akan menambah pengangguran. Salah satu penyebab permasalahan pengangguran adalah sistem pendidikan yang hanya menghasilkan tenaga teknikal skill, yang belum terbukti efektif bagi para alumni untuk menghadapi persaingan dalam memasuki dunia kerja. Atau faktor ketidakmampuan dan ketidakberanian pencari kerja untuk berwiraswasta/ wirausaha. Mereka yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan formal, pada umumnya hanya ingin menjadi pegawai atau karyawan, jarang yang mau dan mampu menciptakan dan mengembangkan pekerjaan, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain atau wirausaha.

Menyikapi atas kebijakan tersebut maka kami bermaksud menawarkan kerjasama dalam bentuk “Pelatihan Kewirausahaan“ dengan proposal terlampir. Pelatihan Kewirausahaan ini akan memegang peranan yang sangat strategis dalam menanamkan sikap kewirausahaan bagi siswa, sehingga mindset siswa SMK berubah dari “lulus dan mencari pekerjaan” menjadi     lulus SMK menciptakan lapangan pekerjaan” atau menjadi wirausaha.

Sikap Kewirausahaan merupakan respon evaluatif terhadap aspek wirausaha, utamanya bisnis. Sikap wirausaha ditandai oleh:  kemauan keras untuk mencapai tujuan dan kebutuhan hidup, memiliki keyakinan kuat atas kekuatan diri, jujur dan tanggung jawab, ketahanan fisik dan mental, ketekunan dan keuletan dalam bekerja dan berusaha, pemikiran kreatif dan konstruktif, berorientasi ke masa depan, dan berani mengambil resiko, serta dengan latihan nyata. Pelatihan ini dapat merubah sikap siswa melalui berbagai contoh positif wirausawan yang sukses saat ini dengan tetap terbuka dalam memberikan informasi kendala dan kegagalan yang juga bisa terjadi. Selanjutnya persepsi siswa tetap didorong pada sesuatu yang positif.

Pelatihan ini juga berpedoman pada paradigma baru, mempertimbangkan berbagai faktor, baik yang berkenaan dengan latar belakang peserta didik, psikologis anak, agar dapat menerapkan strategi pembelajaran kewirausahaan secara efektif, sehingga mampu meningkatkan academic achievement dan life skills siswa, yang mengarah pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik serta life skills dalam menerapkan konsep pelajaran kewirausahaan untuk menjadi pelaku usaha.

Demikian surat penawaran kerjasama ini dibuat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.


Purbalingga, 07 Desember 2007
Penanggung jawab,


BUDI RAHARDJO

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Blog Pinger Free