Berbagai Cara Perencanaan Bisnis Internet
Mumpung akhir tahun, sepertinya pas banget untuk membahas masalah
ini, Perencanaan Bisnis Internet. Selain itu, sedikit banyak juga
berhubungan dengan materi kultwit beberapa waktu lalu mengenai
#manajemenblog dan #ternakblog (cek timeline @CosaAranda2010,
sekalian follow ya :siul ). Nah, untuk membangun peternakan blog yang
baik dan efektif, serta efisien dalam hal manajemennya, proses
perencanaan tidak boleh diabaikan. Apalagi jika Anda memang berniat
banget untuk eksis secara profesional di dunia blogpreneurship. Memiliki
jaringan situs yang tidak asal-asalan jelas adalah salah satu kuncinya.
Beberapa keuntungan melakukan perencanaan bisnis internet adalah:
- Mudah membangun jadwal kerja, baik yang nanti dikerjakan sendiri atau di-outsource-kan, karena dari awal kita sudah siap dengan apa yang harus kita lakukan dan apa yang harus disiapkan.
- Dapat mengatur budget sejak awal dan tidak membuang-buang uang dengan membeli domain hanya berdasarkan nafsu. Kebutuhan hosting, biaya outsource, dan sebagianya juga sudah dapat diprediksi.
- Dapat mengefektifkan waktu kerja karena sekali lagi kita sudah tahu apa yang akan (dan apa yang harus) kita lakukan.
- ‘Pekerjaan’ mencari uang di internet yang Anda lakukan akan terasa lebih profesional. Secara tidak langsung, Anda akan bekerja dengan lebih serius. Dan segala sesuatu yang dikerjakan dengan serius, pasti hasil yang diperoleh juga akan ‘serius’ :selamat
Sekedar curcol, di tahun 2011, fokus pengembangan jaringan blog saya adalah pada tema kesehatan, kuliner, dan musik. Ini berbeda dengan tahun 2010 lalu yang berkutat pada tema gadget dan games. Kenapa? Ya selain karena pertimbangan tren, juga untuk menghindari kejenuhan :nohope Bagaimana dengan tahun 2012 mendatang? Untuk kuliner masih tetap akan saya pertahankan, sedang untuk kesehatan saya gantikan dengan topik yang berkaitan dengan travelling. Alasannya sama, selain sudah jenuh, juga karena tren topik kesehatan yang semakin lama semakin menurun.
Hayo, masih ingat gak bagaimana kemarin caranya mengecek jalur tren menggunakan Google Insight for Search?
Nah, jika digambarkan, berikut ini perencanaan fokus pengembangan blog saya di tahun 2012 mendatang.
Perhatikan bahwa saya masih menyertakan topik-topik lainnya di kuartal 1 dan 2. Alasannya adalah karena tahun ini saya sudah terlanjur membeli beberapa domain berkenaan dengan topik Health, Movie, Music, dan Games yang belum sempat diurus. Ide maupun sumber konten pun sudah disiapkan. So, agar tidak mubazir, mau tidak mau ya harus saya garap dulu sebelum fokus ke menu utama, soal kuliner dan travel. Minim-minim dibuat autoblog atau minisite, agar tidak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk proses pengerjaannya.
Terakhir, saya buat pula daftar aset yang (sudah) saya miliki agar penerapan road map di atas lebih terfokus lagi. Contohnya seperti ini.
Apakah dengan menerapkan sistem perencanaan dan road map seperti ini berarti kita tidak boleh membuat situs dengan tema lain? Ya boleh saja, gak ada yang melarang. Lha itu kan situs-situs Anda sendiri, hehehe. Konsep pengembangan blog yang terencana di sini hanyalah sekedar panduan atau pegangan bagi Anda untuk mengembangkan jaringan situs yang Anda miliki. Jika di tengah jalan ingin selingkuh ya monggo
Bagaimana dengan blog-blog sebelumnya yang topiknya sudah tidak menjadi fokus utama lagi? Ya tetap diurus dong, kan proses perencanaan di sini tujuannya adalah untuk pengembangan bisnis. Gak lucu kan kalau bisnis kita berkembang tapi bisnis-bisnis kita yang sebelumnya kolaps. Tapi jika ingin praktis, pertimbangkan untuk mengalihkan proses maintenance-nya pada orang lain alias outsource.
Oh ya, meski pembahasan dan contoh di atas dikaitkan dengan blog, tapi konsep visi, target, dan perencanaan ini juga bisa diimplementasikan ke model bisnis internet yang lain, ya
Selamat mengguritakan jaringan situs Anda!
Source Cosa Ananda
Posted By Febri Irtawanto
0 komentar:
Posting Komentar