SubmitYahoo KOMPONEN POMPA INJEKSI & ROTARY PADA DIESEL ~ Febri Irawanto - ilmu kita

Google Plus

Kamis, 20 Desember 2012

KOMPONEN POMPA INJEKSI & ROTARY PADA DIESEL


>>>    Berikut Adalah komponen Komponen Pompa Pada mesin Diesel dan Perbedaan Antara Pompa Injeksi Dan Pompa  Rotary
>>>    Semoga Bermanfaat Dan Salam hangat bagi Sobat blogger 
Posted By Febri Irawanto

KOMPONEN POMPA INJEKSI & ROTARY PADA DIESEL

a)Pompa pemberi (Feed Pump) : Mengalirkan Bahan bakar
b)      Katub pengatur tekanan bahan bakar di dalam Fead pump (Pressure Regulating Valve)
c)Katub Pelimpah (over flow): Mengatur kelebihan bahan bakar dari pompa ke tangki
d)      Plat nok (complete) yang digerakan oleh poros pompa  (drive shaft) yang menggerakan plunger dalam berputar bolak – balik, karena plunger bersatu dengan cam plate
e)Govenur mekanik: Mengatur jumlah bahan bakar pada injeksi ke dalam ruang bakar.
f)  Pewaktu Otomatis (Automatic timer) : mengatur pada saat injeksi (injection time)Yang bekerja menurut tekanan bahan bakar.
g)Selenoid Penutup bahan bakar (fuel cut off solenoid ): untuk menutup aliran bahan bakar ke dalam pompa
h)Katub Penyalur ( delivering  valve): mencegah bahan bakar dari dalam pipa tekanan tinggi masuk ke dalam ruang eleman pompa dan menghisap sisa bahan bakar dari injector pada akhir injeksi.

Karakteristik Pompa (Rotary)

·         Pompa Rotary memiliki satu plunger namun mampu mendistribusikan kepada setiap silinder mesin sesuai dengan jumlah silinder mesin.
·         Pompa Rotary menggunakan sistem pelumasan bahan bakar solar menyeluruh di dalam ruang pompa injeksi.
·         Shaft Drive menggerakkan governor, feedpump, camplate
·         Jumlah bahan bakar ditentukan oleh langkah as flyweight dengan plat governor
·         Pompa rotary memiliki sistem otomatis untuk pemutusan bahan bakar maupun pemasokan bahan bakar]
Komponen pada pompa injeksi inline

1.      Kopling penggerak Menghubungkan roda gigi timing dengan poros kam pompa inleksi
2.      Poros kam
Poros kam di gerakkan oleh kecepatan mesin untuk menaik dan menurunkan penumbuk rol plunyer
3.      Katup penyalur
Cara kerjanya sama dengan katup satu arah yang berisi bahan bakar bertekanan rendah didalam pipa tekanan dan  injektor
4.      Batang Pengatur
Mengontrol posisi alur plunyer untuk membuka saluran bahan bakar.
5.   Nozzle
 Berfungsi untuk menetukan jumlah bahan bakar yang disemprotkan dan
mengatur tekanan penyemprotan.


Karakteristik Pompa injeksi inline
  • Pompa Inline memiliki beberapa plunger sesuai dengan jumlah silinder mesin.
  • Posisi plunger berdiri segaris dengan posisi mesin
  • Menggunakan sistem pelumasan dari oli mesin pada ruang camshaft, tappet, governor
  • Camshaft sebagai penggerak feedpump, timer, tappet, governor Jumlah bahan bakar ditentukan oleh langkah rack control.

KESIMPULAN HASIL DISKUSI


Pompa Distrobutor (Rotary)
Pompa Inline
Jumlah Plunger
Satu, untuk di distribusiakan ke masing – masing silinder
Memerlukan beberapa plunger seuai jumlah silinder
Sistem Pelumasan
Dari Bahan Bakar Solar
Dari Oli mesi
Penentuan Bahan Bakar
Ditentukan oleh langkah as as flyweight
Ditentukan oleh langkah rack control
Penggerak Governur
Shaft Drive
Camshaft

4 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Blog Pinger Free