>>> Berikut Adalah komponen Komponen Pompa Pada mesin Diesel dan Perbedaan Antara Pompa Injeksi Dan Pompa Rotary
>>> Semoga Bermanfaat Dan Salam hangat bagi Sobat blogger
Posted By Febri Irawanto
KOMPONEN POMPA INJEKSI & ROTARY PADA DIESEL
a)Pompa
pemberi (Feed Pump) : Mengalirkan Bahan bakar
b)
Katub pengatur
tekanan bahan bakar di dalam Fead pump (Pressure Regulating Valve)
c)Katub
Pelimpah (over flow): Mengatur kelebihan bahan bakar dari pompa ke tangki
d)
Plat nok
(complete) yang digerakan oleh poros pompa
(drive shaft) yang menggerakan plunger dalam berputar bolak – balik, karena
plunger bersatu dengan cam plate
e)Govenur
mekanik: Mengatur jumlah bahan bakar pada injeksi ke dalam ruang bakar.
f) Pewaktu Otomatis (Automatic timer) :
mengatur pada saat injeksi (injection time)Yang bekerja menurut tekanan bahan
bakar.
g)Selenoid
Penutup bahan bakar (fuel cut off solenoid ): untuk menutup aliran bahan
bakar ke dalam pompa
h)Katub
Penyalur ( delivering valve):
mencegah bahan bakar dari dalam pipa tekanan tinggi masuk ke dalam ruang eleman
pompa dan menghisap sisa bahan bakar dari injector pada akhir injeksi.
Karakteristik
Pompa (Rotary)
·
Pompa Rotary memiliki satu plunger namun mampu
mendistribusikan kepada setiap silinder mesin sesuai dengan jumlah silinder
mesin.
·
Pompa Rotary menggunakan sistem pelumasan bahan
bakar solar menyeluruh di dalam ruang pompa injeksi.
·
Shaft Drive menggerakkan governor, feedpump,
camplate
·
Jumlah bahan bakar ditentukan oleh langkah as
flyweight dengan plat governor
·
Pompa rotary memiliki sistem otomatis untuk
pemutusan bahan bakar maupun pemasokan bahan bakar]
Komponen pada pompa injeksi inline
1. Kopling penggerak
Menghubungkan roda gigi timing dengan poros kam pompa inleksi
2.
Poros
kam
Poros kam di gerakkan oleh
kecepatan mesin untuk menaik dan menurunkan penumbuk rol plunyer
3.
Katup
penyalur
Cara kerjanya sama dengan katup
satu arah yang berisi bahan bakar bertekanan rendah didalam pipa tekanan
dan injektor
4.
Batang
Pengatur
Mengontrol posisi alur plunyer
untuk membuka saluran bahan bakar.
5. Nozzle
Berfungsi untuk
menetukan jumlah bahan bakar yang disemprotkan dan
mengatur
tekanan penyemprotan.
Karakteristik Pompa injeksi inline
- Pompa Inline memiliki beberapa plunger sesuai dengan jumlah silinder mesin.
- Posisi plunger berdiri segaris dengan posisi mesin
- Menggunakan sistem pelumasan dari oli mesin pada ruang camshaft, tappet, governor
- Camshaft sebagai penggerak feedpump, timer, tappet, governor Jumlah bahan bakar ditentukan oleh langkah rack control.
KESIMPULAN
HASIL DISKUSI
|
Pompa
Distrobutor (Rotary)
|
Pompa
Inline
|
Jumlah Plunger
|
Satu, untuk di distribusiakan ke masing – masing silinder
|
Memerlukan beberapa plunger seuai jumlah silinder
|
Sistem Pelumasan
|
Dari Bahan Bakar Solar
|
Dari Oli mesi
|
Penentuan Bahan
Bakar
|
Ditentukan oleh langkah as as flyweight
|
Ditentukan oleh langkah rack control
|
Penggerak Governur
|
Shaft Drive
|
Camshaft
|
4 komentar:
kurang puas
membantu sekali,,, hanya saja kurang banyak materi nya.
MasukkNyimak
siap,, membantu
Posting Komentar