SubmitYahoo Sejarah Singkat Linux ~ Febri Irawanto - ilmu kita

Google Plus

Selasa, 27 November 2012

Sejarah Singkat Linux


Sejarah Singkat Linux

Bagi Anda yang baru menggunakan linux, tentu anda harus tahu bagaimana sejarahnya linux lahir, dan mudah-mudahan sejarah linux yang saya tulis ini sedianya anda baca. Life with no history is sucks guys..

Pada tahun 1983 Richard M. Stallman menggagaskan ide kalau sebuah software itu harus bersifat free software, free software ini bukan berarti gratis, tetapi bebas, bebas dalam arti anda bisa menjalankan program tersebut sesuka anda, bebas untuk memepelajari source code, dan merubahnya sesuai yang ada mau, bebas untuk membuat dan medistribusikan program tersebut sesuka anda, dan bebas memodifikasi software tersebut seperti yang anda mau. Dibawah ini adalah kutipan yang saya comot dari situs The Hacker Webzine saat Richard M. Stallman interview oleh Ronald Van Den Heetkamp.

"....If the program doesn't respect these freedoms, then using it puts you under the power of its developer. By moving to free software, such as the GNU/Linux system, you can live in freedom. "

Dengan gagasan tersebut tentunya sangat bertolak belakang dengan apa yang kita kenal dengan nama Copyright, dan tentu saja sejak Richard M. Stallman menggagas ide free software lahirlah suatu nama pesaing Copyright yaitu Copyleft yang berarti kebalikannya. Dan Richard M. Stallman-lah pencetus sistem operasi GNU/Linux, aplikasi yang dibuat oleh Richard M. Stallman antara lain GNU Compiler (GCC), GNU Debugger (GDB) dan salah satu yang sangat terkenal yaitu Emacs. Kalau anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai Richard M Stallman anda bisa membacanya di http://en.wikipedia.org/wiki/Richard_stallman


 Richard M. Stallman

Hampir seluruh hacker maupun cracker di dunia mengenal nama "Linus Benedict Torvalds", emangnya tu orang siapa??? kalau anda belum pernah mendengar nama "Linus Torvalds" saya akan sedikit menceritakan siapa itu om "Linus Torvalds" yang namanya sangat me-legenda di kalangan hacker manapun.

"Linus Torvalds" adalah mahasiswa dari Finlandia yang hobinya itu coding-coding dan coding...(pokoknya cinta bwanget sama komputer). Tapi sayangnya Sistem Operasi pada saat itu sangat lah mahal dan di kontrol oleh perusahaan AT&T, dan kode program pembentuk sistem operasi itu atau sering disebut source code sudah tidak lagi tersedia secara bebas.

Lalu apakah yg dilakukan oleh Linus Torvalds??? yup gara-gara Linus Torvalds tidak mampu membeli Sistem operasi itu (just kidding)...dia moncoba sistem operasi lain yaitu MINIX (Minimal Unix), MINIX adalah sistem operasi tiruan yang sangat sederhana seperti Unix, yang dibuat oleh Dr. Andrew Tanenbaum untuk mengajarkan kepada mahasiswanya tentang cara kerja internal sistem operasi.


Source Code MINIX juga memiliki licensi yaitu "liat boleh, ngotak-atik codenya ta' kemplang koe" Linus jadi tambah frustasi karna lisensi tersebut. Hhmmm "MINIX mau gw Hack ah..." yup...bang linus mempelajari seluruh code-codenya dan berkat ke jeniusannya Linus Torvalds berhasil menciptakan inti sistem operasi (kernel) yang akhirnya diberi nama Linux (Linux's MINIX)

Setelah dia berhasil membuat Inti Sistem Operasi (kernel) ia mengirimkan email untuk mengharapkan kerjasama komunitas untuk membantu menyempurnakan linux. Tak terpikirkan oleh bang Linus Torvalds ternyata email yg ia kirimkan ke komunitas mendapatkan respon yang sangat menakjubkan. Programer-programer saling bahu-membahu untuk mengembangkan apa yg telah ia buat. Dan sampai sekarang ini Linux bisa bersaing dengan sistem operasi lain yang termahal sekalipun.


 
Om Linux Torvalds
Apa semua Sistem Operasi Linux itu Gratis??

Jawabannya bisa iya dan tidak, "iya" jika anda mendownload langsung sistem operasi tersebut melalui situs resminya, dan "tidak" jika anda membelinya dalam bentuk CD/DVD (emangnya CD/DVD kosong gratis???) oi..., kenapa Distro Red Hat Enterprise Linux ga gratis??? barusan lu bilang gratis??? kok ada yg bayar?

Free Open Source itu bukan menggratiskan segala hal, CD/DVD Linux bebas diperjual belikan dengan harga berapa saja dan terserah si penjual jika anda diberi harga Rp. 50.00 untuk 1 keping DVD. Jika segala sesuatu yg berhubungan dengan linux harus gratis maka tidak akan ada yang akan menyebarluaskan linux, tidak ada yg akan membuat buku panduan untuk linux, dsb.

Kata-kata "Gratis" dan "Free Open Source" punya dua arti yang berbeda, Gratis dalam bahasa indonesia berarti anda tidak perlu mengeluarkan uang SEPESERPUN untuk mendapatkan sesuatu yg anda inginkan. Dan "Free Open Source" memang gratis untuk mendapatkannya tetapi perbedannya terletak pada kode sumber yang harus tersedia dan bisa di otak-atik.

Apakah anda pernah melihat source kode sistem operasi Microsoft Windows??? Jika anda menggunakan sistem operasi Linux maka anda bisa melihat dengan mata telanjang seluruh source code pembentuk sistem operasi tersebut dan inilah yang dimaksud "Free Open Source".


Emangnya Bang Linus Torvalds buat Distro yg mana???

Pertanyaan ini sering terdengar di telinga saya. Bang Linus Torvald tidak membuat distro linux seperti Debian, Red Hat, Ubuntu, mandriva, Slaxware Dkk, yang ia buat dengan rekan-rekannya dan sampai sekarang ia kembangkan adalah Kernelnya. Kernel??? apa lagi tuh....

Kernel adalah Inti dari sebuah sistem operasi.  Ok..akan saya kasih penjelasan yang lebih rinci lagi..

Kernel HAMPIR tidak kelihatan oleh pengguna tapi memegang peran utama dalam menjalankan komputer, jadi tambah bingung nih...kok Hampir ga keliatan??? maksudnya??? Kernel bertugas untuk memerintahkan piringan hardisk bergerak ke posisi tertentu dan menuliskan datanya di situ. Kernel juga bertugas agar suatu area yang sudah di input data tidak tertimpa oleh data lain sehingga anda tidak perlu kuatir data anda akan tertimpa oleh data yang lainnya.

Microsoft Office yang biasa anda gunakan, itu bukanlah Kernel, Microsoft Office adalah paket tambahan yang sering kita sebut sebagai software. Kernel bertugas saat anda melakukan save as ketika anda ingin melakukan penyimpanan data. Konsep kerja kernel seperti ini, kernel, gw mau ngesave data nih...sediain gw ruang penyimpanan sebesar 10KB dengan nama tugas.doc untuk nyimpen data gw.. kernel menjawab "OK, segera gw siapin tempat khusus buat lu..tunggu sebentar ya...(kira-kira sepersekian detik kernel menjawab) woi..MS Office ruang penyimpanan yang tadi lu pesen udah gw siapin...kl lu klik OK data lu langsung masuk di tempat yang gw sediain, kl lu klik cancel berati batal...ketika MS Office mengklik OK. Kernel menjawab "data lu ada di D:\tugas.doc". Windows Explorer yang sering anda buka sehari-hari untuk mengakses file itu juga bukan kernel.

Ubuntu, Mandriva, Debian, Redhat, Suse, Slaxware yang sering anda dengar itu adalah Distro Linux, Distro Linux adalah paket sistem operasi yang berisi kernel dan program tambahan. Anda tidak akan suka melihat tampilan kernel apa lagi menggunakannya, karna itu anda membutuhkan program pendukung yang sudah disediakan oleh distro-distro ini.

Semua Distro Linux ini menggunakan kernel yang sama, tapi memiliki program pendukung yang berbeda-beda sehingga anda akan melihat tampilan yang enak dilihat mata. Anda bisa memakan ayam bakar, ayam goreng, ayam balado dll, semua itu memiliki bahan dasar yang sama yaitu ayam.

Source : Ebook mOdul Linux

Posted By Febri Irawanto 

Semoga Bermanfaat dan salam hangat untuk kita semua


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Blog Pinger Free