Motor saat kecepatan rendah
Pada saat mesin di hidupkan dan
berputar pada kecepatan rendah rotor beputar sehinga terjadi induksi pada
kumparan stator arus listrik yang di bangkitkan oleh kumparan stator di alirkan
ke terminal N - alter……….-menuju ke massa sehinga kontak P0 sehingatertarik dan
menempel ke p2 akibatnyaPada kedua terminal tidak terdapat beda tegangan dengan
demikiAN lampu indicator mati. Di samping itu arus listrik yg di bangkitkan
oleh kumparan stator di alirkan ke terminal B melalui diode kemubiaan di
alirkan ke B regulatorkemudian ke P2-P0 ke kumparan regulator tegangan menuju
massa dengan demikian regulator tegangan siap bekerja pada waktu putaran rendah
tegangan out put alternator juga rendah sehinga kemahnetan yg di hasilkan oleh
kumparan regulator tegangan belum mampu menarik PL0 shg arus yang mengalir ke
kumparan rotor masih besar.
Motor saat kecepatn sedang
Jika pedal gas diinjak hingga
mesin berputar pd kecepatan menengah maka tegangan output alternator naik dg
demikian kemagnetan yang ditimbulkan oleh regulator tegangan mjd semakin kuat
hingga mampu menarik kontak pl0 hingga pd posisi mengambang. Akibatnya arus
dari IG regulator mengalir ke resistor dengan demikian tegangan dan arus yang
bekrja pd kumparan rotor turun dan kemagnetan pun turun dg demikian tegangan
output alternator ter regulasi atau terkontrol.
Saat kecepatan tinggi
Jika
putaran mesin di buat tinggi wallaupun kemahnetan pada kemampuan rotor rendah
tegangan induksi yg di bangkitkan statorsemakin tingi kenaikan tegangan out put
ini menyebabkan kumparan regulator teganan semakin kuat untuk menarik kontak P0
hingga menempel dengan PL2 akibatnya arus listrik dari terminal IG regulator
akan mengalir ke resistor menuju masssa pada saat ini tidak ada arus yg
mengalir ke kumparan rotor& kemahnetan rotor pun hilang dgn cara ini maka
tgangan out put alternator bias di batasi
Posted By Febri Irawanto
0 komentar:
Posting Komentar